Alaku

2021 Diresmikan,2023 Amblas Ternyata Ini Penyebabnya

  • Share

InfoBengkulen.com – Bangunan sheet pile kawasan tepi sungai Kota Tuo yang diresmikan tahun 2021 lalu  amblas. Ini lantaran luapan air di sungai tersebut yang cukup besar.

Pemerintah Kota Bengkulu sudah mengkonfirmasi kerusakan bangunan ini kepada pemerintah pusat dan meminta perbaikan.

Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi mengatakan sheet pile yang amblas ini dibangun pemerintah pusat. Sedangkan, sheet pile yang dibangun menggunakan APBD Pemkot dalam kondisi baik.

“Dalam pembangunan sheet pile Kota Tuo ini memang ada dana dari pemerintah pusat dan dana APBD Kota Bengkulu,” jelas Dedy.

Ia pun sarankan agar para pengunjung tidak berada di lokasi tersebut hingga perbaikan dilakukan.

“Selanjutnya lokasi yang patah akan dilokalisir supaya tidak membahayakan anak-anak dan pengunjung. Kemudian akan diadakan pertemuan-pertemuan lebih teknis dengan pihak tekait utuk penanganan lebih lanjut,” kata dia.

 

Senada, Anggota DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain menegaskan bila bangunan Kota Tuo dibangun oleh kementerian.

Sebagai informasi, Dinas PU Kota Bengkulu telah melakukan tinjauan lapangan bersama BPPW Satker dan PPK, Lurah, KPP pasca patahnya/bergesernya bangunan di Kota Tuo. Laporan dari KPP, amblasnya tepi sungai itu sudah sejak beberapa bulan yang lalu.

Retakan ini diduga akibat air sungai Bengkulu yang beberpakali naik karena banjir dan hujan. Inilah yg mengakibatkan struktur bangunan melemah. (Ch)

Cloud Hosting Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page