Penetapan Awal 1 Ramadhan, Kemenag Bengkulu Pantau Hilal

  • Share

Bengkulu – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melakukan kegiatan pemantauan hilal atau rukyatul hilal dalam rangka penentuan awal Ramadhan 1442 H.

Kegiatan rukyatul hilal akan dipimpin oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Zahdi taher didampingi Kabid Agama Islam Kabid Wurais Binsyar, Ramlan dan lainnya di Atap Mess Gedung Pemprov Bengkulu Jumat (1/4/2022) siang.

Turut hadir tokoh agama, ormas Islam, serta awak media baik dari media cetak maupun elektronik. Disampaikan Ramlan, Kabid Wurais Binsyar yang menyebutkan bahwa Rukyatul Hilal Awal Ramadhan 1443 H/2022 M akan segera dimulai, “Segera dimulai pukul 17:50 WIB,” singkatnya.

Ia mengatakan, sesuai arahan Menteri Agama, kegiatan rukyatul hilal penetapan 1 Ramadhan dan 1 Syawal tetap dilaksanakan meski masih dalam suasana pandemi COVID-19. Namun, protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 tetap harus dipatuhi dan dipedomani.

“Sama seperti tahun lalu, seluruh Majelis Kementerian Agama di Indonesia telah diinstruksikan untuk tetap melaksanakan rukyatul hilal sebagai dasar pengambilan keputusan dalam pelaksanaan mufakat yang dilakukan oleh Kementerian Agama,” kata Ramlan.

Kesepakatan hasil isbat akan diambil setelah peserta sidang mendengarkan laporan hasil rukyat (pemantauan) hilal dan memperhatikan perhitungan hisab (astronomi). Secara astronomis.

Data (perhitungan) astronomi ini kemudian akan dikonfirmasikan melalui rukyatul hilal yang dilakukan di 88 titik di 34 provinsi di Indonesia. (rls)

Cloud Hosting Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page