Tahun 2022 Tim Targetkan Inovasi Pemkot Bengkulu Raih Predikat Inovatif

  • Share

Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Tim Pelaksana Kegiatan Fasilitasi, Pelaksanaan dan Evaluasi Penelitian dan Pengembangan Bidang Pemerintahan Umum terus menyiapkan dan mematangkan berbagai inovasi disetiap OPD untuk diikutsertakan dalam lomba inovasi daerah/Innovative Government Award (IGA) tahun 2022.

Di tahun 2022, tim menargetkan inovasi Pemkot Bengkulu meraih predikat sangat inovatif seperti tahun 2019 dan 2020. Untuk itu, tim kian menggencarkan sosialisasi diberbagai OPD, terkhusus di perangkat kelurahan dan kecamatan.

“Kita ingatkan, terutama lurah dan camat. Pengalaman dari tahun 2019 dan 2020 kita naik dengan predikat sangat inovatif, tapi ditahun 2021 turun,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Firman Romzie didampingi Camat Singaran Pati Alex Periansyah, Jumat (8/4/2022).

Secara garis besar, penilaian inovasi daerah melalui 4 tahapan, yaitu tahap penjaringan, tahap pengukuran, tahap penilaian, dan tahap validasi lapangan. Tetapi penilaian lomba IGA ini berdasarkan kuantitas program di daerah.

“Perlu kita ketahui, IGA ini berdasarkan kuantitas, jadi jumlah program yang diukur disini. Tapi program ini harus ada manfaatnya. Seperti di perusahaan, mereka saja ada inovasi agar tidak bangkrut, Jadi pemerintah ini juga harus berinovasi, kami selaku tim siap mengawalnya,” tuturnya.

Sambung Romzie, segala inovasi harus sejalan dengan visi-misi Walikota Helmi dan Wawali Dedy yakni mewujudkan Kota Bengkulu religius dan bahagia.

“Inovasi yang ada harus dikemas dengan aturan, tepat sasaran, tata kelolanya baik. Seperti kegiatan yasinan rutin, ini sejalan dengan visi-misi Kota Bengkulu religius,” tambahnya.

Romzie juga menekankan, inovasi Pemkot Bengkulu jangan sampai kalah dengan kota/kabupaten lainnya.

“Ada dulu kabupaten belajar sama kita, setelah belajar kita yang disusulnya dan melampaui penilaian inovasi dari Kota Bengkulu. Ini perlu disikapi, kelurahan dan kecamatan harus membuat tim, kita juga siap membimbing sampai semuanya tuntas,” tutupnya. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu).

Cloud Hosting Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page