Perkuat Digitalisasi Lewat BTN Mobile,Kinerja 2024 Diproyeksikan Terus Tumbuh

  • Share

InfoBengkulen.com,- BENGKULU – Selama beberapa tahun terakhir kinerja PT. Bank Tabungan Negara (BTN) terus tumbuh.

Hal tersebut terlihat dari perubahan logo BTN yang kini dinamis, modern dan humble.
Dijelaskan Direktur Risk Management BTN, Setiyo Wibowo kurun 4 tahun terakhir, transformasi BTN telah berjalan baik dan sesuai trek.
Perubahan yang dilakukan dari segi produk, bisnis dan budaya kerja, kini semuanya terwujud dalam logo BTN yang baru.
“Font yang kecil (logo baru BTN, red), bermakna humble, membumi, mencerminkan semangat kita untuk melayani nasabah lebih baik,” jelas Setiyo, Kamis, 4 April 2024 di Kota Bengkulu saat melakukan Safari Ramadan.


Diterangkannya, dari segi warna, logo terbaru BTN saat ini terdiri dari dua warna, biru dan merah menunjukkan semangat BTN untuk progresif melakukan perubahan, serta progresif terhadap pertumbuhan bisnis yang sustainable.
Dalam menghadapi 2024 ini, Setiyo optimis kinerja BTN akan terus tumbuh dan sustainable.
Jika dilihat dari kinerja 2023 lalu, kredit BTN tumbuh 11,8 persen.
Pertumbuhan kredit BTN ini diatas rata-rata industri perbankkan nasional, yang tumbuh 9 persen.
“Dan kita bisa growth 11,8 persen. Itu bagus,” imbunya.
Pertumbuhan kredit BTN 2023 lalu juga diiringi dengan pertumbuhan dana, yang tumbuh 8 persen year on year (yoy).
Pertumbuhan dana BTN juga berada di atas rata-rata industri perbankkan nasional yang berada di angka 3 persen.
Hal ini menunjukkan pertumbuhan bisnis, baik kredit dan dana di BTN seimbang, yang menunjukkan loan to deposit ratio (LDR) terjaga.
“Jadi kredit yang kita salurkan seimbang dengan dana yang kita himpun dari masyarakat. Kita jaga LDR kita dibawah 100 persen, tepatnya 95 persen, supaya menjadi bank yang sehat,” ungkap Setiyo.
Semangat Menuju The Best Mortgage Bank in Southeast Asia 2025.
Untuk memujudkan visi menjadi Bank Mortgage terbaik di Asia Tenggara 2025 mendatang, Setiyo mengatakan BTN terus memperkuat digitalisasi.
Salah satunya melalui transaksi digital di BTN Mobile. Bahkan 2023 lalu, tercatat pengguna baru BTN Mobile sebanyak 1 juta pengguna, dan ditarget untuk 2024 ini, mendapatkan 2,5 juta pengguna baru.
“BTN Mobile ini merupakan super apps, yang tidak hanya transaksi mobile banking, tapi juga terintegrasi dengan fitur seperti BTN property. Jadi beli rumah, bisa lewat BTN Mobile, tidak hanya transfer-transfer saja,” kata Setiyo.
Tidak sampai disitu, BTN Mobile juga bisa digunakan untuk membayar utilitas yang terkait dengan perumahan, seperti membayar iuran sampah, security atau keamanan dan lain-lain.
Kemudian, Return in Equity (RoE) atau laba dibandingkan modal BTN di tahun 2023 ada di angka 13,6 persen.
Tahun ini, RoE BTN ditargetkan menjadi 14 hingga 15 persen dan akhirnya di tahun 2025 menjadi 16 persen.
“Kalau dibandingkan dengan bank-bank lain di Asean, seperti DBS di Singapura dan CIMB di Malaysia, kita lebih tinggi,” terang Setiyo.
RoE ini sendiri didapatkan dari bunga kredit rumah yang disalurkan, ataupun dari fee based transaksi di BTN atau fee based BTN Mobile.
Tahun 2023 lalu, laba kinerja BTN sendiri mencapai Rp3,5 triliun, atau tumbuh 15 persen.
Sementara, Branch Manager BTN Bengkulu, Endra Wijayanto mengatakan untuk di Bengkulu, BTN sudah mendapatkan market share untuk penyaluran kredit perumahan di angka 85 persen.
Namun, di luar kredit perumahan, BTN Bengkulu juga terus menumbuhkan penggunaan BTN Mobile di Bengkulu, bekerjasama dengan berbagai pihak seperti PDAM di tiga daerah.
Selain itu, ada juga penyaluran KUR, dimana debitur dan masyarakat akan menggunakan BTN Mobile dalam transaksi sehari-hari.
“Kita di cabang, siap mewujudkan cita-cita dari BTN pusat, dengan BTN Mobile yang sudah keren ini,” pungkas Endra. (Rls)

Cloud Hosting Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page