Rebut Suara Rakyat dengan Harga 6000 Rupiah

  • Share

Pesta Demokrasi ?
2024 Indonesia menggelar pemilihan langsung serengak untuk pemilihan anggota legeslatif dan presiden RI pada 14 Febuari 2024 serta pemilihan kepala daerah serentak pada bulan September 2024.

Pemilihan umum ini kerap di sebut sebut sebagai pesta Demokrasi. Berdasarkan wikipedia bahasa Indonesia Demokrasi adalah pemerintahan rakyat atau bentuk atau sistem pemerintahan yang seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantara wakilnya.

Demokrasi adalah ‘pemilu pengganti’ oleh pihak yang tidak kompeten di mana banyak kesepakatan yang diselewengkan.

Demokrasi atau kerakyatan adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka.

Demokrasi mengizinkan warga negara ikut serta—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.

Apa saja contoh dari demokrasi?

Contoh Demokrasi

Diadakannya pemilu untuk memilih calon wakil rakyat yang duduk di bangku parlemen.

Rakyat ikut serta mencoblos atau memilih para wakilnya dalam pemilu.

Pembuatan undang-undang yang menjadi kebijakan dan dasar negara diwakili oleh dewan perwakilan rakyat (DPR).

Demokrasi Langsung Contoh : Ikut mencoblos saat pemilu atau pilkada, dan memilih secara langsung ketua kelas

Apa saja prinsip prinsip yang terkandung dalam demokrasi?

Ini Prinsip-Prinsip Demokrasi Menurut Alamudi

Kedaulatan rakyat.

Pemerintahan berdasarkan persetujuan dari yang diperintah.

Kekuasaan mayoritas.

Hak-hak minoritas.

Jaminan hak asasi manusia.

Pemilihan yang bebas dan jujur.

Persamaan di depan hukum.

Proses hukum yang wajar

Apakah dasar hukum pelaksanaan demokrasi di Indonesia?

Dengan demikian, UUD 1945 secara tegas mendasar pada pemerintahan demokrasi karena berasaskan kedaulatan rakyat. Asas kedaulatan rakyat yang dikenal sebagai asas demokrasi, dikenal dalam konstitusi banyak Negara.

Dari pengertian teori tentang Demokrasi setidaknya menyebutkan rakyat merupakan komponen tertinggi dalam pergerakan sebuah demokrasi, dan para politisi harus mampu bersaing merebut hati rakyat agar bisa memenangkan pemilihan umum 14 Febuari 2024.

Dimasa pemilu 2024 ini intrik dari politisi sudah diterapkan tinggal saja masyarakat menilai siapa politisi yang memang bekerja untuk rakyat atau politisi yang kerja nya mengerjai rakyat.

Seperti contoh jelang pemilu politisi yang telah menjabat sebagai wakil rakyat yang selama ini jarang bertegur sapa di group WA, jelang 14 Febuari 2024 over aktif berdiskusi ditambah senyuman, padahal sebelum mendekati 2024 no WA politisi ini susah di hubungi.

Tidak itu saja sebagai pemegang peran tertinggi dalam demokrasi rakyat juga harus cerdas dalam memilih wakil diparlemen jangan sampai wakil diparlemen seorang jagoan,maksudnya jago ngeles atau jago beretorika.

Jika pada pemilihan umum tahun tahun sebelumnya kita mengenal sebutan serangan fajar dan serangan fajar itu sangat di nanti masyarakat dengan sebutan, ” ado isi ” ditahun 2024 serangan fajar sudah berganti nama dengan serangan umum, kenapa kita sebut serangan umum ?

 

Saat ini para politisi sengaja membagikan sovenir untuk masyarakat berupa termos kaca yang harganya berkisar 6000 rupiah per pc.
Termos kaca pun di branding dengan gambar caleg agar terlihat lebih akrab ketika sampai ditangan warga.

Pada pesta demokrasi 2024 masyarakat hanya dihargai sebesar 6000 rupiah, seharusnya politisi berbuat yang terbaik untuk masyarakat melalui program kerja nyata baik dibidang sosial,dibidang kepemudaan, atau di bidang usaha yang mampu membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Penulis Heryandi Amin

Cloud Hosting Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page