Burhanuddin: Keluarga Besar Purna Adhyaksa Turut Berperan Membangun Citra dan Wibawa Institusi Kejaksaan RI

  • Share

InfoBengkulen.com,- Kamis 21 Desember 2023 bertempat di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Jaksa Agung ST Burhanuddin memberikan sambutan pada Acara Peringatan Hari Ulang Tahun Keluarga Besar Purna Adhyaksa (KBPA) ke-57 yang mengusung tema “Meningkatkan Peran KBPA dalam Mendukung Citra, Wibawa, dan Profesionalitas Kejaksaan RI”.

Mengawali sambutannya, Jaksa Agung mengucapkan selamat hari ulang tahun dan menyampaikan penghargaan kepada Keluarga Besar Purna Adhyaksa yang selama ini telah memberikan pengabdian dan dedikasinya untuk turut membangun citra dan wibawa Institusi Kejaksaan RI.

Jaksa Agung menyambut baik adanya penyelenggaraan kegiatan ini karena memiliki tujuan mulia, yaitu untuk dapat memperkuat serta mempererat silaturahmi antara Insan Adhyaksa, baik yang masih aktif maupun yang telah purna dalam ikatan Keluarga Besar Korps Adhyaksa.

“Penyelenggaraan kegiatan ini harus dapat dimaknai sebagai bentuk rasa syukur kita bersama atas eksistensi dan keberhasilan institusi Kejaksaan dari masa ke masa hingga saat ini,” ujar Jaksa Agung.

Dalam kesempatan ini, Jaksa Agung menyampaikan bahwa Kejaksaan RI saat ini telah menjadi Aparat Penegak Hukum yang paling dipercaya oleh masyarakat. Pencapaian ini tak lepas dari hasil kerja, rintisan, perjuangan dan jerih payah yang telah dilakukan oleh para pendahulu.

“Oleh karena itu, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada segenap Keluarga Besar Purna Adhyaksa atas semua sumbangsih dan kontribusi yang telah diberikan pada institusi Kejaksaan selama ini,” ujar Jaksa Agung.

Selanjutnya, Jaksa Agung menegaskan akan terus berkomitmen untuk mempertahankan, menjaga dan terus meningkatkan berbagai torehan positif yang telah dicapai oleh Kejaksaan hingga saat ini. Untuk itu, Jaksa Agung mengharapkan dukungan dan sumbangsih dari Keluarga Besar Purna Adhyaksa dalam menjaga marwah Kejaksaan RI.

Jaksa Agung mengungkapkan wadah Keluarga Besar Purna Adhyaksa masih selalu memberikan pengaruh positif dan menjadi bagian tidak dapat dipisahkan dari institusi Kejaksaan itu sendiri. Meski telah purna tugas, Jaksa Agung menganggap para anggota KBPA masih menjadi role model dan representasi wajah Kejaksaan di mana pun berada.

“Masa purna tugas bukan berarti selesai pengabdian, karena secara formal dan struktural tidak menjadi bagian keluarga besar ASN, namun secara prinsip peran dan tanggung jawab terhadap kemajuan institusi tidak pernah pensiun,” imbuh Jaksa Agung.

Meskipun tidak dalam ikatan kerja, Jaksa Agung membutuhkan dukungan yang meliputi program peningkatan citra Kejaksaan dan aktivitas positif dari Keluarga Besar Purna Adhyaksa, seperti terlibat aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan.

Mengakhiri sambutannya, Jaksa Agung berharap para anggota Keluarga Besar Purna Adhyaksa tidak hanya sekedar bernostalgia bersama, tetapi lebih dari itu yakni tetap memiliki semangat untuk mengawal institusi Kejaksaan menjadi lebih baik lagi.

Ketua Keluarga Besar Purna Adhyaksa Dr. Noor Rachmad menyampaikan bahwa KBPA tidak hanya memikirkan nasib anggota-anggotanya saja. “Meski sudah memasuki masa purna, KBPA juga turut memikirkan rumah besar Kejaksaan agar bisa maju, unggul dan semakin dipercaya masyarakat,” pungkas Ketua KBPA.

Hadir dalam acara ini yaitu Ketua Umum KBPA, Wakil Ketua Umum KBPA, para anggota KBPA, Wakil Jaksa Agung, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Para Staf Ahli Jaksa Agung, serta para Pejabat Eselon II di Lingkungan Kejaksaan Agung dan Badan Diklat Kejaksaan RI.(**)

Cloud Hosting Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page